NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 4 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PEMANFAATAN E-LEARNING TERHADAP MATA KULIAH BERPRAKTEK PADA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS TERBUKA DI PROVINSI ACEH

Yushita Marini (Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Terbuka)
Nisha Marina (Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Terbuka)
Edy Syarif (Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Terbuka)
Vina Arnita (Jurusan Akuntansi, Fakultas Sosial Sains, Universitas Pembangunan Panca Budi)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Kegiatan pembelajaran mata kuliah berpraktek dibanyak Universitas termasuk Universitas Terbuka (UT) biasanya dilaksanakan dengan cara tatap muka, namun dikarenakan masa pandemi Covid-19, maka kebijakan pelaksanaan praktek mata kuliah dengan cara online pun dilakukan guna menjaga kesehatan bersama. Melalui aplikasi e-learning.ut.ac.id, Universitas Terbuka (UT) menerapkan mata kuliah berpraktek khususnya bidang akuntansi melalui daring (dalam jaringan). Untuk terus dapat meningkatkan mutu akademik dan pelayanan di masa depan, UT telah mengembangkan kurikulum mata kuliah pembelajarannya dengan melaksanakan praktek mata kuliah ekonomi, khususnya bidang studi akuntansi melalui pemanfaatan e-Learning , tidak lagi hanya melalui praktek tatap muka. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi pemanfaatan e-learning pada mata kuliah berpraktek, khususnya bidang studi Akuntansi. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan instrumen kuisioner kepada para mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Terbuka yang berada di daerah Provinsi Aceh yang mengambil mata kuliah berpraktek, yaitu Laboratorium Pengantar Akuntansi dan Laboratorium Auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan mata kuliah berpraktek online dinyatakan bermanfaat secara positif terhadap perolehan nilai akhir mata kuliah mahasiswa akuntansi yang berpraktek online dengan nilai rata-rata B+. Hal ini menunjukkan bahwa mata kuliah berpraktek dapat dilakukan dengan pemanfaatan pembelajaran melalui e-learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...