Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 12, No 1 (2022): Edisi Januari-Juni 2022

Dilema Psikososial Dalam Penyesuaian Sosial Pada Remaja Gifted

Nurhayani Hayani (Dosen Tetap Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sumatera Utara Medan Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Kec. Percut Sei Tuan - Medan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Individu pada fase remaja mengalami suatu periode yang memperlihatkan fenomena perubahan dikarenakan adanya transisi perubahan berbagai aspek perkembangannya. Pada fase remaja, terjadi pola perubahan perilaku yang sangat berbeda dan tampak diskontiniu. Remaja sering bertanya-tanya dan berusaha menemukan jati dirinya dan demikian juga halnya dengan individu gifted di fase remajanya. Namun remaja gifted memiliki kekhususan. Perkembangan kognitif yang berada di level di atas rata-rata membuat remaja gifted memiliki kedalaman emosi sehingga  tidak hanya membuat  berfikir  dan merasa secara berbeda dari teman sebayafr. Proses perkembangan identitas  remaja dengan bakat intelektual tinggi ini mengalami kerumitan dikarenakan perbedaan bawaan mereka untuk mendapatkan nilai konformitas dari teman sebayanya. Inilah yang menyebabkan remaja gifted berusaha menyembunyikan keberbakatannya dalam mengembangkan identitas alternatif yang dirasa secara sosial lebih dapat diterima. Dengan memakai topeng pelindung dianggap dapat membantu untuk merahasiakan cintanya dengan belajar dan menyembunyikan minatnya yang berbeda dari teman sebayanya. Jika identitas yang tersembunyi ini benar-benar membawa kepada penerimaan yang dicarinya, remaja gifted akan menjadi takut untuk membuka topengnya. Dilema sosial inilah yang membuat remaja gifted berada diposisi rentan  mengalami kesulitan dalam  penyesuaian sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...