Anak pada usia sekolah dasar memiliki karakteristik yang berbeda-beda dengan karakteristik perkembangannya sendiri. Hal ini berpengaruh terhadap proses pendidikan yang dilalui anak. Pengelolaan kelas merupakan kemampuan guru untuk mengelola sebuah kelas beserta aspek-aspeknya termasuk perkembangan anak. Perkembangan inilah yang akan memberikan pengaruh baik atau buruk terhadap efektifitas pengelolaan kelas yang dilakuka oleh guru. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini melalui 5 tahap, yaitu : (1) Penentuan topik dan judul, (2) Pengumpulan sumber data penelitian, (3) Penyortiran dan klasifikasi sumber data, (4) Proses penelitian, dan (5) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa perkembangan anak pada usia sekolah dasar baik dari aspek psikologis, kognitif, dan sosial mampu memengaruhi efektifitas pengelolaan kelas.
Copyrights © 2022