JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengembangan E-Modul berbasis Web pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI BDP I di SMKN 1 Surabaya

Dwi Putri Septiara (Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Universitas Negeri Surabaya)
Saino Saino (Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2022

Abstract

Perkembangan Teknologi, utamanya internet telah mendorong perubahan proses pembelajaran. Perkembangan pembelajaran secara daring lewat internet juga berkembang pesat karena didorongnya adaptasi pembelajaran daring karena adanya pandemi Covid-19. Pembelajaran daring membuat proses belajar semakin terbatas hanya pada lembar kerja siswa dan metode ceramah saja, hal ini mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang efektif dan mendorong pengembangan modul elektronik yang dapat membantu peserta didik. Maksud dari pengadaan riset ini yakni untuk mengembangkan E-Modul berbasis Web yang mampu membantu peserta didik dalam proses pembelajaran, diterapkan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan, dan mengetahui tingkat kelayakan dan respon para peserta didik mengenai E-Modul yang telah dikembangkan. Peserta didik kelas XI BDP I di SMKN 1 Surabaya merupakan objek riset ini. Metode pengembangan E-Modul berbasis Web dengan model pengembangan 4D. Hasil yang diperoleh ialah E-Modul berbasis Web dalam Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan kriteria sangat layak digunakan dengan mengacu pada hasil validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli kegrafikan serta dari hasil respon positif peserta didik tentang E-Modul yang membantu proses pembelajaran serta tampilan modul yang diminati oleh peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...