JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit: Literature Review

Rayhan Layli (Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan merupakan pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan yang sinkron dengan taraf kepuasan rata-rata penduduk serta penyelenggaraannya sinkron dengan standar dan kode etik profesi. Mutu pelayanan serta kepuasan pasien adalah dua hal paling krusial di dalam pelayanan rumah sakit. Literature review ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit. Jenis penelitian ini adalah penelitian literatur review, artikel jurnal yang digunakan didapatkan dari situs Sinta dan Google Scholar dengan artikel jurnal yang diterbitkan mulai dari tahun 2017-2022. Jumlah artikel jurnal sebanyak 8 artikel yang dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh mutu pelayanan kesehatan (asscurance, emphaty, responsiveness, tangible dan reliability) terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit. Dapat ditarik kesimpulan bahwa kepuasan adalah suatu taraf perasaan pasien yang muncul sebagai dampak dari kinerja layanan yang di perolehnya sesudah pasien membandingkannya menggunakan apa yang diharapkannya. Apabila pasien tidak puas terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan, dia tidak akan mencari layanan itu atau menerimanya, walaupun layanan tersebut tersedia, praktis di dapat serta di jangkau.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...