Mutu pelayanan kesehatan merupakan pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan yang sinkron dengan taraf kepuasan rata-rata penduduk serta penyelenggaraannya sinkron dengan standar dan kode etik profesi. Mutu pelayanan serta kepuasan pasien adalah dua hal paling krusial di dalam pelayanan rumah sakit. Literature review ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit. Jenis penelitian ini adalah penelitian literatur review, artikel jurnal yang digunakan didapatkan dari situs Sinta dan Google Scholar dengan artikel jurnal yang diterbitkan mulai dari tahun 2017-2022. Jumlah artikel jurnal sebanyak 8 artikel yang dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh mutu pelayanan kesehatan (asscurance, emphaty, responsiveness, tangible dan reliability) terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit. Dapat ditarik kesimpulan bahwa kepuasan adalah suatu taraf perasaan pasien yang muncul sebagai dampak dari kinerja layanan yang di perolehnya sesudah pasien membandingkannya menggunakan apa yang diharapkannya. Apabila pasien tidak puas terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan, dia tidak akan mencari layanan itu atau menerimanya, walaupun layanan tersebut tersedia, praktis di dapat serta di jangkau.
Copyrights © 2022