E-Modul adalah suatu kesatuan bahan pembelajaran dalam satuan Pendidikan yang dapat dipelajari oleh siswa secara mandiri. melalui bahan ajar ini pembelajaran menjadi lebih efektif karena siswa dapat mempelajari materi sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung, sehingga siswa akan memahami lebih mendalam saat pembelajaran dengan guru. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui proses pengembangan E-Modul berbasis android dengan pendekatan experiental learning pada mata pelajaran bisnis online; 2) Mengetahui kelayakan E-Modul berbasis android dalam menumbuhkan minat wirausaha siswa SMK kelas XI BDP di SMK Negeri 10 Surabaya; 3)Mengetahui tanggapan siswa terhadap pengembangan E-Modul Bisnis Online berbasis android. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development, dengan model pengembangan 4D dari Ibrahim yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop. Hasil penelitian pengembangan E-Modul Pembelajaran pada mata pelajaran bisnis online berbasis android memperoleh respon positif dari siswa dimana dengan adanya E-modul berbasis Android siswa lebih tertarik membaca dan memahami materi yang ada dalam E-modul. Dan proses validasi oleh para ahli E-modul mendapatkan nilai dengan rata-rata sebesar 86,8% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil presentase ini diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 93%, ahli grafik sebesar 88% dan ahli Bahasa sebesar 75%. Hasil presentase dari respond peserta didik dalam uji coba sekala kecil sebesar 88%, dan uji coba lapangan dengan nilai 90%
Copyrights © 2022