Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis 1) pengaruh antara konsep diri terhadap disiplin kerja guru SD Negeri, Kecamatan Bagan sinembah, Rokan Hilir, 2) pengaruh antara kecerdasan interpersonal terhadap disiplin kerja guru SD Negeri, Kecamatan Bagan sinembah, Rokan Hilir, 3) pengaruh antara konsep diri dan kecerdasan interpersonal secara bersama-sama terhadap disiplin kerja guru SD Negeri, Kecamatan Bagan sinembah, Rokan Hilir. Populasi dari penelitian ini adalah Guru SD Negeri, Kecamatan Bagan sinembah, Rokan Hilir yang berjumlah 134 orang dan semua diteliti. Jenis data dari penelitian ini adalah data primer dan data skunder untuk yang diperoleh dari guru dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengolahan data untuk analisis statistik deskriptif dalam penelitian ini menggunakan program Microsoft Excel dan SPSS versi 23 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel konsep diri terhadap disiplin kerja guru (Y) SD Negeri, Kecamatan Bagan Sinembah, Rokan Hilir, dengan tafsiran cukup kuat, (2) Didapatkan pengaruh yang signifikan dan positif antara kecerdasan interpersonal terhadap disiplin kerja guru (Y) SD Negeri, Kecamatan Bagan Sinembah, Rokan Hilir, dan dengan tafsiran cukup tinggi, (3) Ditemukan pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel konsep diri dan kecerdasan interpersonal terhadap disiplin kerja guru (Y) SD Negeri, Kecamatan Bagan Sinembah, Rokan Hilir, dengan tafsiran cukup tinggi.
Copyrights © 2022