JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Metode Pendidikan Karakter pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Inklusi RA Zidni Ilma Sukoharjo

Sri Lestari (Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta)
Khuriyah Khuriyah (Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2022

Abstract

Karakter merupakan bagian penting yang harus ditanamkan kepada semua siswa tidak terkecuali siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Oleh karena itu pendidikan karakter bagi ABK harus diberikan di sekolah inklusi. Pendidikan karakter dapat berhasil apabila dimanaje atau dikelola dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen pendidikan karakter pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di sekolah inklusi RA Zidni Ilma Sukoharjo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter yang ditanamkan kepada siswa ABK belum dapat berhasil 100%, hal ini disebabkan karena masih ada hambatan dalam pelaksanaannya. Hambatan terdiri dari dua macam, yaitu internal dan eksternal. Hambatan internal adalah belum semua guru merupakan lulusan Pendidikan Luar Biasa, sarana dan prasarana yang belum tercukupi, dan siswa ABK sendiri. Hambatan eksternal adalah orang tua siswa ABK yang kurang bisa menindaklanjuti program sekolah sewaktu anak di rumah, masyarakat yang masih menganggap remeh siswa ABK, dan pemerintah yang belum memberikan perhatian penuh terhadap sekolah inklusi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...