Karakter merupakan bagian penting yang harus ditanamkan kepada semua siswa tidak terkecuali siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Oleh karena itu pendidikan karakter bagi ABK harus diberikan di sekolah inklusi. Pendidikan karakter dapat berhasil apabila dimanaje atau dikelola dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen pendidikan karakter pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di sekolah inklusi RA Zidni Ilma Sukoharjo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter yang ditanamkan kepada siswa ABK belum dapat berhasil 100%, hal ini disebabkan karena masih ada hambatan dalam pelaksanaannya. Hambatan terdiri dari dua macam, yaitu internal dan eksternal. Hambatan internal adalah belum semua guru merupakan lulusan Pendidikan Luar Biasa, sarana dan prasarana yang belum tercukupi, dan siswa ABK sendiri. Hambatan eksternal adalah orang tua siswa ABK yang kurang bisa menindaklanjuti program sekolah sewaktu anak di rumah, masyarakat yang masih menganggap remeh siswa ABK, dan pemerintah yang belum memberikan perhatian penuh terhadap sekolah inklusi.
Copyrights © 2022