Pada era saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju sangat berdampak ke berbagai sektor, banyak perusahaan yang bersaing untuk menunjukkan keunggulan yang dimiliki dengan harapan pasar akan merespon positif perusahaan tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis mengambil judul Pengaruh CSR terhadap Kinerja Keuangan dengan Nilai Perusahaan sebagai Variabel Mediasi, untuk mengetahui pengaruh dari CSR terhadap kinerja keuangan (diproyeksikan dengan rasio lancar) dengan nilai perusahaan sebagai variabel intervening (diproyeksikan dengan Price Earning Ratio (PER)). Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah sebuah langkah menemukan pengetahuan atau informasi menggunakan data berupa angka sebagai alat untuk menganalisis keterangan mengenai hal yang ingin diketahui. Penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Artinya apabila menerapkan CSR maka kinerja keuangan akan meningkat, begitu pula sebaliknya. Namun, apabila perusahaan semakin banyak menunjukkan pengungkapan CSR maka dapat menurunkan kinerja keuangan. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada tabel di atas menunjukkan jika H1 ditolak. Berdasarkan hasil analisis dari pengujian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Corporate Social Responsibility dan Nilai perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan. Kemudian Nilai perusahaan tidak dapat memediasi pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan.
Copyrights © 2022