JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Peran Guru dalam Membentuk Motivasi Belajar PPKn Siswa Kelas VII di SMP Negeri 5 Ambalau Kabupaten Buru Selatan

Hadisan Mahtelu (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura Ambon, Indonesia)
Loisa M. Metekohy (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura Ambon, Indonesia)
Ridwan Hatala (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura Ambon, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Pendidikan adalah sebuah proses pembelajaran baik melalui kegiatan formal, informal maupun formal yang tujuannya tidak lain adalah untuk pengembangan diri individu, untuk menguasi berbagai aspek baik kognitif, afektif dan psikomotorik. Kegiatan pendidikan bukan hanya dilakukan dan difasilitasi oleh guru di sekolah tetapi juga oleh orang tua, keluarga dan lingkungan.. Dalam Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa fungsi Pendidikan Nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Kemampuan guru bidang studi PPKN di SMP Negeri 5 Ambalau sangatlah bagus namun pada waktu belajar sering terdapat beberapa masalah diantaranya: ada yang giat dan ada pula yang bermalas-malasan untuk belajar, ada pula yang berbuat gaduh di dalam kelas, mengantuk ketika kegiatan proses belajar mengajar berlangsung, 4.suka bermain-main di dalam kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: peran guru dalam menanamkan motivasi belajar siswa dan hambatan yang ditemui oleh guru dalam menanamkan motivasi berlajar siswa. Dari hasil penelitian yang ditemukan bahwa Peran guru dalam menanamkan motivasi belajar bagi siswa dengan cara guru selalu memberikan motivasi kepada siswa baik itu sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar dilaksanakan yang biasanya digunakan waktu 5 sampai 10 menit pada saat jam belajar mengajar mulai dan menyampaikan materi mengacu pada RPP dan model pembelajaran yang dipakai serta hambatan yang ditemui oleh guru dalam menanamkan motivsai siswa yakni sebagian siswa yang masih bermalasan ketika guru memberikan pengajaran,motivasi,bimbingan masih ada sebagian siswa yang merasa kesulitan sehingga hal ini masih menjadi kendala bagi guru untuk menanamkan motivasi belajar siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...