JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Penerapan Permainan Finger Painting dalam Meningkatkan Motorik Halus AUD di TK An-Nizam Medan

Khadijah Khadijah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Wildani Wildani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Risa Ummah Pratiwi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Masdeani Dasopang (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Fitra Handayani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Artikel ini sebagai kajian pustaka yang bertujuan untuk dapat mengetahui seberapa penting penerapan yang dilakukan melalui permainan finger painting dalam pengembangan kemampuan motorik halus anak yang menggunakan jari-jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan yang sesuai dengan Standar Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) yang termuat di dalam Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan (PERMENDIKBUD) Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak usia Dini. Kemampuan motorik halus pada permainan ini akan melibatkan perkembangan otot-otot kecil khususnya pada bagian tangan anak. Maka dari itu penerapan permainan finger painting ini diharapkan dapat sesuai dalam pencapaian perkembangan motorik halus anak dan permainan ini tidak menyimpang dari hakikat anak yaitu belajar melalui bermain yang secara tidak langsung akan mengembangan motorik halus anak yang tertuang dalam STPPA terkait gerakan tangan yaitu mengkoordinasikan tangan dan mata untuk melakukan gerakan rumit, melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan berbagai media, dan mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...