JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Kebijakan Inovasi dalam Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kota Dumai

Ulil Amri (Program Studi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau)
Adianto Adianto (Program Studi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau)
Hasim As’ari (Program Studi Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Dalam rangka mewujudkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, transparansi, dan akuntabel serta berkualitas, maka Pemerintah Daerah dapat melakukan kebijakan inovasi yang berbasiskan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Kebijakan Inovasi Dalam Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kota Dumai yang diukur dengan menggunakan tiga dimensi kebijakan inovasi yaitu: 1).Dimensi Penadbiran kebijakan (tata kelola)/policy governance, 2).Dimensi Sektoral dan 3).Dimensi Interaksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data-data yang diperlukan baik data primer maupun skunder dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan dari masalah penelitian yang ada. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan Kebijakan Inovasi Dalam Penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) di Dumai sudah berjalan dengan cukup baik. Adapun hambatan-hambatan yang ada, yaitu: keterbatasan SDM yang memiliki keahlian teknis TIK, sistem aplikasi yang belum terintegrasi dan kurangnya dukungan anggaran untuk pengembangan inovasi berbasis SPBE.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...