JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022

Hubungan Labelling terhadap Konsep Diri Siswa di SMK Negeri 1 Ampek Angkek

Fifi Hariandika (v)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang mendapatkan label yang diberikan oleh guru atau teman-teman di sekolah. Label adalah identitas yang diberikan lingkungan berdasarkan ciri atau prilaku yang ditampilkan dalam hubungan sosilnya. Siswa atau siswi yang melakukan penyimpangan awal (primer) atau prilaku yang pantas untuk dilabeli seperti bodoh, pemalas, rajin, pintar, cantik, atau jelek di sekolah yang secara tidak langsung menjelaskan identitas diri seseorang, sehingga berhubungan dengan konsep diri siswa tersebut sehingga siswa yang mendapatkan label ini secara tidak langsung mendorong pada kesesuaian dengan label ataupun mengalihkan dirinya sesuai label yang diterimanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar satu variabel dengan variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMK Negeri 1 Ampek Angek yang mendapatkan label yang berhubungan dengan konsep diri siswa tersebut. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 45 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert. Metode analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment yang mensyaratkan hipotesis diterima apabila r hitung lebih besar dari r tabel dengan bantuan (SPSS) versi 22.0. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa hasil signifikansi correlation diperoleh sebesar 0,00 yang berati lebih kecil dari alpha (0,05). Maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima, hal ini juga dibuktikan dengan rhitung yaitu 0,694 besar dari rtabel yaitu 0,301 pada taraf signifikansi 0.05. Maka dapat dikatakan Ha diterima artinya ada hubungan labelling terhadap konsep diri siswa di SMK Negeri 1 Ampek Angkek.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...