JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022

Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 di MTs Laboratorium UINSU Medan

Yumira Simamora (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Annisa Chaliana (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Fitri Mushliha Simatupang (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Mai Syaroh Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Nur Halija Dalimunthe (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2022

Abstract

Pada proses pembelajaran memerlukan perancanaan yang baik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sebelum memasuki kelas guru membuat RPP terlebih dahulu. Situasi diperlukan penilaian maupun analisis terhadap aspek dalam pembuatan RPP agar proses pembelajaran berlangsung secara efektif dan efisien. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil RPP guru matematika kelas VII di MtS Laboratorium UINSU dalam memenuhi standar kurikulum 2013 .(2) mendeskripsikan kendala guru matematika dalam penyusunan RPP. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan deskriptif-analitik. Penelitian kualitatif menekankan pada pengamatan fenomena dan substansi makna dari fenomena tersebut. Untuk mendapatkan data-data peneliti turun langsung kelapangan (field research). Dalam menganalisis data, peneliti secara bertahap menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Selain itu dalam menganalisis kinerja guru, peneliti menggunakan prosedur pengindeksan data. subjek pada penelitian ini adalah salah satu guru mengajar bidang studi matematika kelas VII (tujuh) di Mts Laboraorium UINSU dan objek penelitian ini adalah dilabus dan dokumen RPP. Kesimpulan dari penelitian ini adalah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...