JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Perancangan Sistem Informasi Peminjaman dan Pengembalian Rekam Medis Menggunakan Microsoft Visual Studio dan Framework CI Berbasis Web

Tika Nurfitriani Putri (Program Studi Manajemen Informatika Konsentrasi Informatika Rekam Medis D IV, Politeknik Piksi Ganesha Bandung)
Yuda Syahidin (Program Studi Manajemen Informatika Konsentrasi Informatika Rekam Medis D IV, Politeknik Piksi Ganesha Bandung)
Syaikhul Wahab (Program Studi Manajemen Informatika Konsentrasi Informatika Rekam Medis D IV, Politeknik Piksi Ganesha Bandung)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk membuat sistem informasi peminjaman serta pengembalian rekam medis menggunakan software Microsoft Visual Studio dengan framework CI dan berbasis website. Sistem ini dirancang agar bisa diterapkan di Rumah Sakit yang berada di Jakarta yaitu Metropolitan Medical Centre (MMC). Pada penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data didapat demenggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan narasumber, serta studi pustaka baik melalui buku, jurnal, dan referensi lain yang berhubungan dengan penelitian. Masalah yang ditemukan selama penelitian ini yaitu: alur meminjam dan mengembalikan rekam medis masih dilakukan secara manual dengan dicatat dalam buku catatan, yang mengakibatkan sulit menelusuri jejak rekam medis yang dipinjam serta terlambatnya mengembalikan rekam medis. Karenanya penulis memberikan saran-saran yaitu: (1) merancang sistem informasi berbasis web yang dapat diterapkan dalam proses ekspedisi rekam medis agar lebih efektif, efisisien, dan aman, serta (2) menyediakan fitur laporan ekspedisi rekam medis yang dapat memudahkan penelusuran rekam medis yang sedang dipinjam oleh unit lain di rumah sakit.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...