Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 5 No. 1 (2022): Mei

Media Kartu Kata dan Kartu Gambar pada Materi Kosakata Bahasa Indonesia

Kadek Ria Arsini (Universitas Pendidikan Ganesha)
Maria Goreti Rini Kristiantari (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Kurangnya penggunaan media pada proses pembelajaran mengakibatkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media kartu kata dan kartu gambar pada materi kosakata bahasa Indonesia yang layak digunakan oleh siswa kelas II. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dan menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, serta observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Kelayakan media kartu kata dan kartu gambar diperoleh melalui penilaian yang dilakukan para ahli dan siswa. Penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh hasil persentase 92,5%, penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh hasil persentase 89,75%, penilaian media pembelajaran memperoleh hasil persentase 87,5%, penilaian uji coba perorangan memperoleh hasil persentase 90%, dan penilaian uji coba kelompok kecil memperoleh hasil persentase 92,77%. Berdasarkan hasil uji para ahli dan siswa, maka dapat disimpulkan bahwa media kartu kata dan kartu gambar yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada materi kosakata bahasa Indonesia untuk siswa kelas II.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...