Jurnal EDUTECH Undiksha
Vol. 10 No. 1 (2022): Juni

Video Pembelajaran pada Materi Volume Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

I Gusti Lanang Mahardita (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gusti Ngurah Japa (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Guru belum mampu mengembangkan media belajar secara kreatif dan mandiri dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga siswa tidak focus mengikuti pembelajaran, mengobrol saat guru menjelaskan, bahkan bermain saat guru menjelaskan. Selain itu, tidak adanya peran aktif dalam proses konstruksi pengetahuan saat proses pembelajaran matematika, sehingga siswa kesulitan dalam memahami konsep matematika. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan video pembelajaran untuk siswa kelas V sekolah dasar pada materi volume bangun ruang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan. Dalam penelitian pengembangan video ini menggunakan model ADDIE yang meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian berjumlah 6 orang ahli. Metode mengumpulkan data yaitu kuesioner. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar kuesioner. Hasil penelitian yaitu hasil analisis data skor yang didapatkan yaitu 4,85. Hal ini berarti bahwa semua aspek video pembelajaran volume bangun ruang yang dinilai memiliki kualifikasi sangat baik. Disimpulkan bahwa video pembelajaran volume bangun ruang dapat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Video pembelajaran volume bangun dapat meningkatkan semangat dan memudahkan siswa dalam belajar matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran ...