Jurnal EDUTECH Undiksha
Vol. 10 No. 1 (2022): Juni

Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Linktree Meningkatkan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif pada Materi Macam-Macam Gaya Muatan IPA Kelas IV

I Putu Widya Andika (Universitas Pendidikan Ganesha)
Kadek Yudiana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan dalam menerapkan kemampuan yang dimilikinya untuk mengidentifikasi memberi penjelasan mengonstruksi dan mengambil kesimpulan berdasarkan pengamatan dan bukti ilmiah yang diperoleh dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan sains. Rendahnya minat siswa dalam membaca dan siswa tidak siap dalam belajar juga memengaruhi kemampuan kognitif siswa. Aktivitas pembelajaran yang berlangsung masih kurang inovatif, kurang bervariasi, dan masih belum menekankan literasi sains dan kemampuan metakognitif. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan aktivitas pembelajaran berbantuan media untuk meningkatkan literasi sains dan kemampuan metakognitif pada materi macam-macam gaya muatan IPA kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan model 4D. Subjek uji coba yaitu 4 orang ahli aktivitas pembelajaran. Uji coba prdouk dilakukan oleh siswa yang berjumlah 17. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, studi dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu rating scale. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh butir dalam instrumen validasi isi aktivitas pembelajaran valid.  Hasil literasi sains dan kemampuan metakognitif dalam kategori sangat tinggi. Terdapat efektivitas pengembangan aktivitas pembelajaran berbantuan media linktree terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif. Disimpulkan bahwa aktivitas pembelajaran berbantuan media linktree berdampak positif terhadap pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran ...