Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman
Vol. 20 No. 2 (2021)

FIQH READING SKILLS OF SANTRI BASED OF COMMUNITY EDUCATION AT THE AL-FALAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL, BANJARBARU, SOUTH KALIMANTAN

Ruslan Ruslan (UIN Antasari)
Nor Ipansyah (UIN Antasari)
Hamdan Mahmud (UIN Antasari)
Anwar Hafidzi (Universitas Islam Negeri Antasari, Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2021

Abstract

Abstrak:Tulisan ini akan mengungkap bahwa kemampuan membaca kitab kuning santri di Pondok Pesantren Al-Falah Banjarbaru menggunakan pendekatan yang berbeda dengan Teknik lainnya. Kemampuan membaca ini dilatih secara kontiniu dan berbasis pada konteks masyarakat menarik untuk diteliti sebagai ciri khas pondok pesantren. Meskipun banyak yang sudah membahas kemampuan membaca, tapi ciri khas membaca kitabkuning berbahasa tanpa baris/harakat menjadi penting dan layak untuk diteliti. Teori yang digunakan adalah teori behaviorisme sebagai dasar dalam mengungkap kemampuan yang didapat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analytic kualitatif berupa studi kasus di Pondok Pesantren Al-Falah di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan terhadap system Pendidikan dan pembelajaran di kelas. Temuan dari penelitian ini adalah system pengulangan dalam pembelajaran kitab kuning menjadi bagian termudah dalam mempercepat pemahaman santri dalam membaca kitabkuning secara konseptual.Kata kunci: Konsep, literasi, kitab kuning, Pesantren Abstract:The Al-Falah Islamic Boarding School in Banjarbaru employs a unique method for teaching its pupils how to read the Kitab Kuning (arabic book) that will be demonstrated in this essay. It's fascinating to research how Islamic boarding schools have this reading proficiency that is regularly practiced and dependent on the community environment. Though reading comprehension has been covered extensively, study should also focus on the peculiarities of reading kitab kunings in harakat, a language without lines. The theory used is the theory of behaviorism as the basis for revealing the abilities that students get in reading Kitab. The Al-Falah Islamic Boarding School in Banjarbaru, South Kalimantan, Indonesia served as the site for this qualitative descriptive analytic case study that served as the research methodology. The data collection technique in this study is participant observation of the education and learning system in the classroom. The repetition approach for learning the kitab kuning is the portion that makes it simplest for pupils to comprehend how to read it conceptually, according to the study's findings.Key words: Concept, literacy, kitab kuning, Islamic boarding school

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-banjari

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

AL-BANJARI merupakan Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman yang diterbitkan oleh Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin sebagai media penuangan dan pengkajian karya ilmiah dalam bidang studi Islam. Jurnal ini terbit secara berkala dua kali dalam setahun (Januari dan ...