Salah satu komoditas pangan yang merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia adalah beras. PT.XYZ merupakan perusahaan yang fokus dalam peningkatan produksi, kualitas serta pemerataan distribusi beras di Indonesia. Banyaknya kompetitor swasta yang tidak terikat dengan pemerintah menjadi sebuah tantangan bagi perusahaan untuk dapat bersaing dalam memasarkan produk berasnya. Penelitian ini mengambil studi kasus pada salah satu cabang perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal serta membuat rekomendasi strategi untuk perbaikan pemasaran pada perusahaan dengan metode analisis SWOT dan QSPM. Hasil analisis SWOT menunjukkan perusahaan berposisi pada kuadran III dan disarankan mengubah strategi pemasaran yang telah ada. Berdasarkan matriks weaknesses – opportunity. Alternatif strategi yang ada dianalisis menggunakan QSPM. Skor TAS tertinggi pada analisis matrix QSPM sebesar 3,75. Strategi yang terpilih adalah membuat strategi promosi yang unik untuk menarik minat masyarakat ditengah harga pasar yang tinggi.
Copyrights © 2022