Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
Vol 5 No 2 (2022): Article Research Volume 5 Number 2, Juni 2022

Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Transportasi Online di Kota Makassar)

Serlin Serang (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia)
Ramlawati Ramlawati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia)
Muh. Haerdiansyah Syahnur (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Transportasi merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembangunan, terutama dalam hal memperlancar kegiatan ekonomi masyarakat. Sistem transportasi saat ini dimaksudkan untuk meningkatkan mobilitas penduduk dan sumber daya lainnya untuk mendorong pembangunan ekonomi dan sosial. Warga Kota Makassar, kota dengan pengguna internet terbanyak di Pulau Sulawesi, memandang penerapan teknologi di bidang transportasi sebagai alternatif yang layak dilakukan karena lebih praktis dan murah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen jasa transportasi online di Makassar. Jumlah responden yang diolah menjadi data penelitian adalah 75, data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner, menggunakan teknik purposive sampling. Uji kelayakan instrumen (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis digunakan untuk analisis data. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan secara statistik terhadap keputusan konsumen, dan promosi juga berpengaruh positif dan signifikan secara statistik terhadap keputusan konsumen. Dengan menggunakan uji dominan, ditentukan bahwa kualitas pelayanan memiliki nilai kontribusi sebesar 43,5 persen sehingga menjadi variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perusahaan transportasi online mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan mereka dan menawarkan promosi berkala untuk mempengaruhi keputusan klien secara positif.

Copyrights © 2022