Ensiklopedia of Journal
Vol 4, No 4 (2022): Vol 4 No. 4 Edisi 2 Juli 2022

PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODE ANALISA KOMPONEN BINAMARGA SNI:1732-1989-F (STUDI KASUS RUAS JALAN PASAR MASURAI-TANJUNG DALAM KAB. MERANGIN)

Radinal Radinal (Universitas Muara Bungo)
Sucitra Wijaya (Universitas Muara Bungo)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Peraturan  dan  pedoman  dalam  perencanaan  struktur  perkerasan  jalan di Indonesia  mempunyai   metode yang merupakan  penyesuaian  dari  negara  maju  seperti  Inggris,  Amerika  Serikat dan  Australia sehingga dikeluarkan  oleh  Direktorat  Jenderal  Bina  Marga terkait metode perencanaan perkerasan jalan salah satunya Analisa Komponen Bina Marga. Penelitian ini menggunakan parameter Metode Analisa Komponen Bina Marga (SNI:1732-1989-F). Adapun lokasi penelitian yaitu ruas jalan Pasar Masurai-Tanjung Dalam Merangin. Penelitian ini menggunakan data Primer dan data sekunder. Data Primer berupa kondisi exsiting yang ada berupa dokumentasi, data Sekunder pada penelitian ini digunakan data-data yang bersumber dari instansi terkait. Adapun data yang dibutuhkan yaitu data lalu lintas, DED Perencanan ruas Jalan Pasar Masurai-Tanjung Dalam serta data-data terkait lainnya. Dari hasil pehitungan dengan menggunakan perhitungan Metode  Analisa Komponen (SNI: 1732-1989-F) didapat suatu kesimpulan sebagai berikut: dimana hasil tebal perkerasan Metode Analisa Komponen (SNI: 1732-1989-F) dalam perhitungan ulang dimana lapis permukaan  (Surface) sebesar 7,5 cm, lapisan pondasi (Base) sebesar 15 cm, Untuk lapisan perkerasan pondasi bawah (Sub Base) didapat tebal 67 cm.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ensiklopedia

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Ensiklopeda of Journal mendorong seluruh ahli hukum, sosial, politik, bahasa, dan ilmu pendidikan untuk turut berkontribusi melalui artikel dan/atau book review. Ensiklopeda of Journal terbit tiap 1 Kali per 3 bulan, dalam satu volume, yakni di bulan Januari, April, Juli, dan Oktober. Ensiklopeda of ...