YUME : Journal of Management
Vol 5, No 1 (2022)

Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Pembiayaan Terhadap Loyalitas Kreditur (Studi Pada Pt. Amanah Finance Cabang Makassar)

Sukmatica Slamet (Unknown)
Nurhidayanti. s (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Abstrak Lingkungan global yang berubahsemakin cepat menyebabkan setiap perusahaan,termasuk bisnis jasa pembiayaan mencoba mencari cara yanginovatif guna mencapai keunggulan kompetitif,meningkatkan loyalitas pelanggan, dan meningkatkan efisiensi tanpa mengorbankan kualitas pelayanan. Hal ini menyebabkan pemasar dituntut untuk dapat menciptakan strategi pemasaran yang baru,unik dan lebih kreatif sehingga mampu membangun hubungan jangka panjang dan loyalitas dengan pelanggan, yakni dengan menerapkan strategi bauran pemasaran. Tujuan yang ingin dicapai dengan diadakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh produk (product), harga, promosi, tempat, karyawan, sarana fisik dan proses terhadap loyalitas kreditur pada perusahaan PT. Amanah Finance Cabang Makassar, serta untuk  menganalisis variabel dari bauran pemasaran jasa pembiayaan yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas kreditur pada PT.Amanah Finance Cabang Makassar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka digunakan pengumpulan data melalui obsevasi, interview dan kuesioner, dengan menggunakan teknik analisis data yakni analisis deskriptif, analisis regresi berganda, uji instrumen penelitian, serta pengujian hipotesis. Hasil uji regresi secara parsial diperoleh temuan bahwa produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), sarana fisik (phisycal evidence), dan proses (process) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kreditur pada PT. Amanah Finance Cabang Makassar, serta variabel yang paling dominan mempengaruhi loyalitas kreditur pada PT. Amanah Finance Cabang Makassar adalah prosedur pelayanan. Kata kunci :     Produk, Harga, Tempat, Promosi, Karyawan, Sarana Fisik, Proses dan Loyalitas KrediturAbstractThe rapidly changing global environment causes every company, including the financial services business to try to find innovative ways to achieve competitive advantage, increase customer loyalty, and increase customer loyalty. improve efficiency without compromising service quality. This causes marketers to be required to be able to create new, unique and more creative marketing strategies so that they are able to build long-term relationships and loyalty with customers, namely by implementing a marketing mix strategy. The aim to be achieved by holding this research is to analyze the effect of product, price, promotion, place, employees, physical facilities and processes on creditor loyalty at the company PT. Amanah Finance Makassar Branch, as well as to analyze the variables from the marketing mix of financing services that most dominantly affect creditor loyalty at PT. Amanah Finance Makassar Branch. To achieve this goal, data collection was used through observation, interviews and questionnaires, using data analysis techniques namely descriptive analysis, multiple regression analysis, research instrument testing, and hypothesis testing. The results of the partial regression test found that the product, price, place, promotion, people, physical evidence, and process had a significant effect on creditor loyalty. at PT. Amanah Finance Makassar Branch, as well as the most dominant variables affecting creditor loyalty at PT. Amanah Finance Cabang Makassar Branch is a service process. Keywords: Product, Price, Place, Promotion, Employees, Physical Facilities, Process and Creditor Loyalty.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...