Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbantuan Powtoon dengan pendekatan kontekstual pada materi kekongruenan serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan video pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C SMP Negeri 4 Sewon, sedangkan instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli materi, validasi ahli media, respon siswa, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan penilaian video pembelajaran memperoleh rata-rata 4,4 oleh ahli materi menunjukkan kriteria sangat baik dan 4,44 oleh ahli media menunjukkan kriteria sangat baik. Untuk respon siswa memperoleh rata-rata 4,45 pada uji coba kelas kecil yang termasuk kriteria sangat baik dan rata-rata uji coba kelas besar 4,22 menunjukkan kriteria sangat baik. Dengan demikian, video pembelajaran berbantuan Powtoon dengan pendekatan kontekstual materi kekongruenan valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2022