JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Vol 7, No 2 (2022): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Pengembangan Modul Digital Menggunakan Desain Pembelajaran ELPSA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Dewi Mekar Sari (Unknown)
Nurhasanah Siregar (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital yang valid, praktis, dan efektif dengan menggunakan desain pembelajaran ELPSA dan dilengkapi dengan tutorial membangun kubus dan balok menggunakan Geogebra Classic untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Model penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah: (1) analyze, (2) design, (3) develop, (4) implement, and (5) evaluate. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul digital valid dari segi validitas materi dan validitas media dengan skor masing-masing 3,78 dan 3,28. Modul digital matematika yang dikembangkan juga sudah dinyatakan praktis dalam hal respon siswa dengan persentase 86,65% dan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa secara efektif dengan skor 3,55.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), ISSN 2477-2348 for Print version and ISSN 2477-2348 for Electronics version, is the official publication of Universitas Indraprasta PGRI. The scope of the journal includes all issues in the field of Mathematics ...