Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan TI atau teknologi informasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Surabaya. Tahun 2020 bulan Maret telah terjadi pandemi covid-19 yang mengakibatkan perubahan signifikan bagi kehidupan khususnya pendidikan. MIN 1 diharapkan mampu menghadapi permasalahan tersebut dengan memiliki fasilitas TI yang memadai seperti e-learning, perangkat keras, dan website sekolah. Untuk mengetahui pemanfaatan TI dibutuhkan kerangka kerja atau panduan yang sesuai standart yaitu COBIT 5. Kerangka kerja COBIT 5 digunakan untuk membantu madrasah mencapai nilai optimal dari teknologi infomasi, dengan cara menyeimbangkan sumber daya yang ada. Data penelitian ini berupa kuisioner dan wawancara kepada pemangku kepentingan sesuai pemetaan pada COBIT 5 proses APO04, BAI05 da BAI07. Tahap yang dilakukan seperti identifikasi tujuan strategis madrasah, pengumpulan data, analisa hasil pengumpulan data, dan rekomendasi pengambilan keputusan atau kebijakan. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa tingkat kapabilitas proses APO04 berada pada level 3 yaitu Eshtablished Process, proses BAI05 berada pada level 4 yaitu Predictable Process, dan sedangkan BAI07 berada pada level 3 yaitu Eshtablished Process. Menentukan rekomendasi kebijakan pada tiap proses tersebut. Diharapkan dai hasil rekomendasi dapat membantu MIN 1 dalam menentukan kebijakan terkait TI.
Copyrights © 2022