Jurnal Pendidikan
Vol 9 No 2 (2021): Jurnal Pendidikan

Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Model Prototyping Berbasis Web (Studi Kasus SD Inpres 103 HBM Kota Sorong)

Indri Anugrah Ramadhani (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Novita wulandari (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Ovalin Serly M. Kambu (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian adalah melakukan perancangan sistem informasi perpustakaan menggunakan model prototyping dan menghasilkan sistem informasi perpustakaan yang valid serta efisien pada SD Inpres 103 HBM Kota Sorong. Desain Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan R&D (Research and Development) Sedangkan model pengembangan sistem yang digunakan ialah prototyping. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi,wawancara, dan penyebaran angket atau kuesioner. Setelah melakukan perancangan sistem diuji menggunakan pengujian Black box dan pebgujian lapangan. Perolehan nilai berdasarkan analisis data meberikan pertanyaan pada instrument dengan jumlah 10 point mendapat hasil 3,49 dari jumlah rata-rata setiap point dengan skala 1-4, berdasarkan teknik penilaian maka dapat disimpulkan bahwa perancangan sistem infromasi perpustakaan pada SD Inpres 103 HBM Kota Sorong berbasis web telah valid dan efisien untuk digunakan . Dengan adanya sistem informasi ini,diharapkan mampu mengatasi berbagai kebutuhan dari user untuk mencari buku dan melakukan pemesanan serta memudahkan administrasi sekolah dalam sirkulasi peminjaman buku maupun pembuatan laporan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...