EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Android Terintegrasi Nilai Keislaman pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit untuk Tingkat SMA/MA

Mimi Herman (IAIN Batusangkar, Indonesia)
Elvy Rahmi (IAIN Batusangkar, Indonesia)
Novana Hanifan (IAIN Batusangkar, Indonesia)
Hidayat Herman (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan media pembelajaran Augmented Reality berbasis android terintegrasi nilai-nilai keislaman yaitu ayat-ayat Al-Quran valid dan praktis pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk tingkat SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D yang meliputi 4 fase, antara lain: Define, Design, Develop dan Disseminate. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa SMAN 1 X Koto Diatas, Kabupaten Solok. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket praktikalitas. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata validitas isi 0.83 dan validitas konstruks 0.87 dengan kategori sangat tinggi sedangkan nilai praktikalitasnya menurut guru 0.78 dengan kategori praktis dan siswa 0.842 dengan kategori tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...