EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Mar'atul Muthi'ah (Universitas Nahdlatul Ulama, Indonesia)
Suharmono Kasiyun (Universitas Nahdlatul Ulama, Indonesia)
H Syamsul Ghufron (Universitas Nahdlatul Ulama, Indonesia)
Pance Marianti (Universitas Nahdlatul Ulama, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatkan keterampilan berbicara dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode bermain peran Pada siswa kelas VB SDN Kertajaya V/211 Surabaya. ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research) atau yang sering disebut dengan PTK, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, soal tes (post-test), dan dokumentasi. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran pada pembelajaran Bahasa Indonesia adalah cara bagaimana upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VB SDN Kertayaja Surabaya metode yang tepat, yaitu bahwa metode yang mampu membuat semua siswa terlibat dalam susasana pembelajaran, serta mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa menggunakan bahasa Indonesia. Dan telah terbukti memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap hasil belajar siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...