EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Keterampilan Menulis Laporan Praktikum Siswa SD dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Project-Based Learning

Mieke Faurisiawati (Sekolah Dasar Negeri Kepatihan Banyuwangi)
Supeno Supeno (Universitas Jember)
Suparti Suparti (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2022

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa yang salah satunya dapat diwujudkan dalam bentuk laporan setelah melakukan praktikum. Siswa yang terbiasa menulis laporan akan mampu menghubungkan hasil penyelidikan dan memberikan argumen sehingga melatih siswa untuk berpikir kritis. Walaupun keterampilan menulis memiliki banyak manfaat bagi siswa, namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa untuk menyusun laporan praktikum banyak hambatan yang ditemui. Dalam penelitian ini dicobakan implementasi model project-based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan praktikum dalam pembelajaran IPA pada siswa sekolah dasar. Pembelajaran dilaksanakan selama tiga kali pertemuan di tiga kelas paralel. Selama proses pembelajaran, siswa melakukan praktikum IPA tentang rangkaian listrik sederhana dan hasil praktikumnya ditulis dalam bentuk laporan. Keterampilan menulis yang dinilai meliputi aspek konten dan aspek presentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menulis laporan praktikum siswa mengalami peningkatan dari pertemuan satu sampai pertemuan tiga, baik untuk aspek konten maupun aspek presentasi. Keterampilan menulis laporan dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 meningkat dalam kategori sedang, dan pertemuan 2 ke pertemuan 3 meningkat dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa implementasi model project-based learning efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis laporan praktikum.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...