Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa
Vol 20, No 1 (2022): METALINGUA EDISI JUNI 2022

SENYAPAN DALAM ACARA “DANIEL TETANGGA KAMU” EPISODE MARCELL SIAHAAN DI KANAL YOUTUBE DANIEL MANANTA NETWORK: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK (PAUSE ON “DANIEL TETANGGA KAMU” EPISODE MARCELL SIAHAAN ON DANIEL MANANTA NETWORK’S YOUTUBE CHANEL: A PHYSICOLINGUISTIC STUDY)

Tiara Vidya Amalia (Universitas Pendidikan Indonesia)
Kholid Abdullah Harras (Universitas Pendidikan Indonesia)
Jatmika Nurhadi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaparkan jenis senyapan, letak senyapan, serta faktor penyebab senyapan yang dilakukan oleh Daniel Mananta dan Marcell Siahaan pada video terpopuler dalam acara podcast "Daniel Tetangga Kamu" di Kanal YouTube Daniel Mananta Network. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teori psikolinguistik tentang produksi kalimat atau ujaran untuk menganalisis ujaran Daniel Mananta dan Marcell Siahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Marcell Siahaan lebih sering melakukan senyapan, yaitu sebanyak 25 kali. Senyapan tersebut paling banyak disebabkan karena ia lupa akan kata-kata yang diperlukan ketika berujar. Sementara itu, Daniel Mananta melakukan senyapan sebanyak 14 kali. Senyapan tersebut paling banyak disebabkan karena ia belum siap dengan ujarannya dan juga lupa akan kata yang diperlukan. Letak senyapan yang paling dominan adalah senyapan pada batas satu konstituen dengan konstituen lain. Faktor penyebab senyapan yang paling dominan adalah karena lupa akan kata yang diperlukan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

metalingua

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

METALINGUA is a journal aiming to publish literary studies researches, either Indonesian, local, or foreign literatures. All articles in Metalingua have passed reviewing process by peer reviewers and edited by editors. METALINGUA is published by West Java Balai Bahasa twice a year, in June and ...