HIKMAH : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Vol 11, No 1 (2022)

HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 UJUNG BATU KABUPATEN ROKAN HULU

Samsul Anuar (Unknown)
Hidayati Hidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

BSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perilaku keagamaan siswa dalam sehari-harinya di sekolah. Sedangkan tujuan penelitian yakni 1) Untuk mengetahui ada hubungan atau tidaknya antara disiplin belajar siswa terhadap perilaku keagamaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu, 2) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat hubungan antara disiplin belajar siswa terhadap perilaku keagamaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara disiplin belajar terhadap perilaku keagamaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu, hal ini dibuktikan dari hasil uji t hitung yakni 5.08 lebih besar dari t tabel (5,08>1,671), maka dapat dinyatakan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) di tolak. Seberapa besar tingkat hubungan antara disiplin belajar terhadap perilaku keagamaan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu yakni sebesar 28,4%, sedangkan sisanya 71,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hikmah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Hikmah : Jurnal Pendidikan agama islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan penelitian tentang pendidikan untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ...