Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman mahasiswa tentang akuntansi. Penelitian initermasuk jenis penelitian kuantitatif untuk menganalisis pengaruh variabel dependen yang terdiri dari variabel profesionalisme akuntan pendidik, kecerdasan emosional dan metode pembelajaran terhadap pemahaman akuntansi. Lokasi penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah STIE Wira Bhakti Makassar, Sulawesi Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi yang masih aktif di STIE Wira Bhakti Makassar. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS for windows. Hasil penelitian menemukan variabel profesionalisme akuntan pendidik dan metode pembelajaran tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa sedangkan variabel kecerdasan emosional berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa di STIE Wira Bhakti Makassar.
Copyrights © 2019