JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Vol 7, No 2 (2022): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)

Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif (NHT VS STAD) dan percaya diri terhadap hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar

Ningsih, Ari Yunita (Unknown)
Japar, Japar (Unknown)
Wahyuningrum, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif NHT vs STAD dan percaya diri terhadap hasil belajar matematika kelas VI di SDN Gugus Mh. Thamrin. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di DKI Jakarta dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik di SDN Gugus MH Thamrin sebanyak 40 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Stratified Cluster Sampling. Data diperoleh dengan melakukan observasi, tes dan kuesioner, teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis varians satu arah, analisis uji beda (Uji T) dengan bantuan program excel dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar matematika peserta didik dengan penggunaan strategi kooperatif Number Head Together (NHT) dan Student Teams Achievement Division (STAD) dengan nilai sig (2-tailed) 0,006 lebih kecil dari 0,05 dan juga penggunaan strategi pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT) dan Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI SDN di Gugus MH. Thamrin dengan nilai rata – rata sebesar 86,50 dan 76,00. Percaya diri memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VI SDN di Gugus MH. Thamrin dengan nilai 86,50 dan 76,00 serta nila sig (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05. Penggunaan strategi pembelajaran kooperatif dan percaya diri secara bersama sama mempengaruhi hasil belajar matematika peserta didik kelas VI SDN di Gugus MH. Thamrin dengan nilai sig F change 0.000 < 0.05 dan nilai R yang didapatkan 0,727 maka pengaruh antara strategi pembelajaran kooperatif dan percaya diri terhadap hasil belajar memiliki pengaruh yang kuat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrti

Publisher

Subject

Education

Description

JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) ISSN: 2502-079X (Print), ISSN: 2503-1619 (Electronic) is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education research. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that are of local and ...