cover
Contact Name
Yola Eka Putri
Contact Email
yola@konselor.org
Phone
-
Journal Mail Official
yola@konselor.org
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
ISSN : 2502079X     EISSN : 25031619     DOI : -
Core Subject : Education,
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) ISSN: 2502-079X (Print), ISSN: 2503-1619 (Electronic) is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education research. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that are of local and international significance across educational contexts 2) Publish manuscripts that are of local and International significance in terms of design and/or findings 3)Encourage collaboration by local and international teams of researchers to create special issues on these topics.
Arjuna Subject : -
Articles 214 Documents
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Yasrida Yanti Sihombing
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 6, No 2 (2021): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/30031124000

Abstract

Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang mampu mengkondisikan subjek didik untuk mempunyai motivasi belajar , salah satunya kewajiban pendidik untuk memenuhi kewajiban tersebut adalah dengan memamfaatkan media dalam kegiatan pembelajaran. Diantara media yang dimaksud adalah media audio visual. Akan tetapi pada kenyataannya sistem pembelajaran daring,  di SMP Negeri 1 Batangtoru  bahwa guru masih minim menggunakan media audio visual dalam pemelajaran daring terhadap materi pembelajaran PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:  Apakah Hasil Belajar PAI dan BP Dapat Ditingkatkan Melalui Penggunaan Media Audio Visual pada pembelajaran  Daring  Pada Siswa kelas IX-1  SMP  Negeri  1 Batangtoru?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes, Objek penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 SMPN I Batangtoru  yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap siklus I, siklus II dan siklus III. Pada tahap siklus I meningkat dibandingkan persentase ketuntasan klasikal prasiklus sebesar 39,39 % menjadi  60,61 %. namun belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya nilai rata-rata siswa setelah siklus II meningkatkan dengan 90,91%. dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan sebelumnya, yaitu 85%  dan siswa telah mencapai nilai minimal 75, maka disimpulkan bahwa pembelajaran PAI dan BP dengan materi zakat dengan menggunakan media audio visual khususnya semester ganjil  kelas IX-1 SMP Negeri 1 Batangtoru tahun pelajaran 2020/2021, bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan.Hal ini bisa menjadi acuan bagi materi lainnya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti . Bahkan bisa menjadi acuan bagi mata pelajaran lainnya dalam melakukan pembelajaran baik daring maupun tatap muka.
Perancangan Modul Pembelajaran Berbasis HOTS dengan Mini Project Design pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Wallim Harianja; Muhammad Anwar
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 6, No 2 (2021): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/30031172000

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika belum optimal dalam meningkatkan keterampilan berfikir orde tinggi siswa. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan bahan ajar lengkap, mandiri dan terbimbing dalam proses pembelajaran yakni modul pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Modul Pembelajaran Berbasis HOTS Dengan Mini Project Design Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desain dan pengembangan (design and development), dengan model pengembangan 4-D (Four-D), yang terdiri atas empat tahap utama, yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Padangsidimpuan.Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa desain media dan materi telah valid dari segi aspek didaktik, konstruksi dan teknis serta dari segi kualitas isi, dan pembelajaran. Modul pembelajaran ini juga termasuk kategori praktis berdasarkan respon guru dari aspek kemudahan 84%, efektivitas waktu 80 % dan penggunaan media 80 %, berdasarkan respon siswa dari aspek efektivitas waktu 83 %, kemudahan 83,6 % dan daya guna media 80,9 %. Beradasarkan penilaian hasil belajar siswa dari pretest dan posttest, didapatkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul dengan menggunakan aplikasi SPSS uji t, dengan hasil Pvalue ≤ 0,05, hal ini menjelaskan bahwa modul pembelajaran efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran ini telah valid, praktis dan efektif untuk diterapkan di dalam pembelajaran.
Kesehatan Mental Warga Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Wispa Syahfitri; Dodi Pasila Putra
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 6, No 2 (2021): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/30031175000

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar ditemukannya fenomena yang ada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak yang menunjukkan bahwasanya beberapa warga binaan memiliki perasaan tidak aman dan tidak nyaman berada di dalam LPKA tersebut, mereka juga sering mengalami kegelisahan serta perasaan stres. Beberapa warga binaan juga mengalami emosi yang tidak stabil, serta memiliki pola hubungan sosial yang tidak baik dengan warga binaan lainnya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan mental warga binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah warga binaan yang ada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah angket yang dibagikan kepada warga binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Tanjung Pati, kemudian data dianalisis menggunakan uji Statistik dengan bantuan SPSS 16.0. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan Uji Validitas, Uji Reabilitas, dan Uji Statistik. Hasil uji statistik yang telah dilakukan melalui aplikasi SPSS yaitu dapat disimpulkan bahwa gambaran kesehatan mental warga binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II B Tanjung Pati berada pada kategori tinggi.
Pemerolehan bahasa pada anak usia pascapubertas berkepribadian introvert di SMP-IT Anita Angraini Lubis; Muttaqin Kholis Ali
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 6, No 2 (2021): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/30031190000

Abstract

The title of this research is Language Acquisition in Postpubertal Age Children in Class IX. A SMP-IT Bunayya, Padangsidimpuan City. The purpose of the study is to obtain the results of the calculation of the Mean Length of Utterances (MLU) or the average length of utterances produced by postpubertal students with introverted personalities in writing. Explaining sentences produced by postpubertal students with introverted personalities in terms of simplicity and completeness of the basic sentences they have. Methods and Techniques used in this research: Listen (Sudaryanto 1993): SLC, SBLC, record, note, fishing, psychoneurolinguistic methods according to Nunan as well as formal and informal. The expected result of this research is that it can be used as a tool to find out how language is able to represent the personality possessed by humans. This research is also expected to be able to contribute to language teaching to postpubertal students with introverted personalities. It is hoped that this research will increase the insight of educators and the general public, especially about the language attitudes of post-pubertal students with introverted personalities and introverted groups in general.
Aktualisasi pemerintah dalam pengawasan perkawinan kontrak di provinsi Kalimantan Barat Sri Haryaningsih; Azrita Mardhalena
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 6, No 2 (2021): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/30031193000

Abstract

Trafficking (perdagangan manusia) dalam modus pengantin pesanan di Singkawang Kalimantan Barat adalah dipicu oleh kemiskinan dan tidak tersedianya lapangan pekerjaan, sehingga para perempuan yang tinggal di Singkawang melakukan kawin kontrak untuk merubah taraf hidup mereka. Faktor berikutnya adalah tingkat pendidikan yang rendah, ini disebabkan oleh pola pikir orangtuamerekabahwa tidak penting sekolah tinggi-tinggi hanya menghabiskan waktu dan uang saja sehingga seringkalimereka terpaksamenerima pekerjaan yang bersifat eksploratif, faktor lainnya adalah tingkat konsumerisme, para perempuan di Singkawang ingin memiliki barang mewah dan bagus untuk sehinggamereka diakui dilingkungan mereka, dan faktor yang terakhir adalah kesamaan etnis, orangtua mereka mendoktrin anak-anak mereka dengan mengatakan bahwa orang-orang keturunan Cina di Singkawang satu keturunan dengan orang-orang Taiwan, ini dilakukan orang-tua agar anak-anak mereka tidak merasa kalau mereka dijualoleh orangtua mereka.  Kondisi demikian ini dimanfaatkan oleh para calo/perantara perkawianan sebagai sasaran bagi calo-calo pemburu calon pengantin perempuan untuk menjaring korbannya dengan mudah dengan tujuan untukmendapatkan keuntungan berupa uang. Bentuk komunikasi yang terjadi antara pengantin pesanan dengan calo/makelar di Singkawang Kalimantan Barat adalah komunikasi interpersonal yang bersifat dua arah/sirkuler dan satu arah, feedback, persuasive terjadi dengan baik sehingga informasi yang diberikan calo/makelar kepada pelaku pengantin pesanan dapat dengan mudah diterima oleh pelaku pengantin pesanan tanpa noise/gangguan. Jadi bentuk komunikasi interpersonal yang bersifat dua arah, satu arah, feedback, persuasive merupakan bentuk yang efektif untuk mempengaruhi calon korban pengantin pesanan untuk melakukan kawin kontrak
Evaluasi implementasi sistem informasi administrasi (SIAK) pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten sintang Sri Haryaningsih; Hardalina Hardalina
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 6, No 2 (2021): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/30031194000

Abstract

Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang  menerapkan SIAK secara online dimulai pada tahun 2010.  Secara teori sistem ini sangat baik, namun dalam pelaksanaannya saat ini, SIAK masih belum berjalan secara optimal. Dengan jumlah penduduk yang mencapai berpenduduk sebesar 413.369 jiwa (2019), penting bagi Disdukcapil Kabupaten Sintang untuk mengelola Database kependudukan yang akurat, lengkap, mutakhir serta terintegrasi. Sudah 94,57% penduduk Kabupaten Sintang melaksanakan perekaman data KTP-el. Dan selebihnya 5% wajib KTP yang belum melaksanakan KTP-el adalah wajib KTP pemula dan pendatang yang belum melaksanakan perekaman di daerah asal. Update data yang harus dilakukan masyarakat tidak dilakukan mengakibatkan pencapaian proses sinkronisasi data Kependudukan masih belum mencapai 100% Teori yang digunakan sebagai landasan dalampenelitian ini adalah evaluasi elemen kebijakan publik yang terdiri dari support,capacity dan value. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualititatif sehingga diperoleh gambaran yang jelas tentang objek yang diteliti dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pada bagian political will, sumber dayamanusia dan value atau manfaat dengan adanya SIAK sudah cukup baik,sedangkan pada infrastruktur, sosialisasi dan anggaran masih terdapat kekurangan. Adapun kendala dihadapi dalam penerapan SIAK adalah sarana dan prasarana yang masih kurang jumlahnya, sosialisasi yang tidak dilakukan berkala, serta anggaran pengadaan sarana prasarana yang masih minim. Peneliti menyaranka nagar perlunya kesadaran untuk melakukan sosialisasi secara berkala kepadamasyarakat serta dengan ditambahnya alokasi anggaran penerapan SIAK agardapat tercapai tujuan SIAK yang telah diatur sesuai dengan landasan hukum.
Penerapan teknik bermain peran melalui konseling kelompok untuk melatih perilaku asertif sepuluh siswa kelas VIII SMP Kolose Kanisius Jakarta Henny Christine Mamahit; Ratnawati Dinoto; Meriza Nataniel; Magdalena Palang Lewoleba; Hillary Wixie Reandsi
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 6, No 2 (2021): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/30031209000

Abstract

Teknik bermain peran adalah teknik yang membantu seseorang untuk membayangkan diri mereka atau orang lain dalam situasi tertentu. Sikap asertif adalah sikap tegas adalah menuntut hak pribadi dan menyatakan pikiran, perasaan, dan keyakinan dengan cara langsung jujur dan tepat. Penelitian ini fokus pada keberanian mengungkapkan pendapat. Konseling kelompok adalah layanan konseling yang diberikan secara kelompok untuk membantu individu menyelesaikan sebuah masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas penerapan teknik bermain peran dalam layanan konseling kelompok untuk melatih sikap asertif sepuluh siswa SMP Kelas VIII SMP Kolose Kanisius Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dalam BK. Subjek pada penelitian adalah 10 orang siswa SMP kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan triangulasi data. Analisis data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber yaitu mengecek data dari berbagai sumber yang akan dilakukan pada guru dan teman subyek di sekolah.  Indikator tindakan dalam penelitian ini adalah subjek lebih aktif dengan menunjukkan sikap berani mengangkat tangan dan menjawab saat guru bertanya seputar materi, tidak ragu dan percaya diri saat berbicara atau menyampaikan pendapatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik bermain peran mampu melatih sikap asertif khususnya dalam berani mengungkapkan pendapat.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMINDAI SISWA MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW II DI KELAS V SDN 02 LUBUK ALUNG Elvi Suyarni
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 1, No 1 (2016): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/3003122000

Abstract

This study originated from the reality in the field of use of the approach in learning and inadequate use of resources as well as a learning tool. This is due to the still conventional learning so that students are less interested in participating in learning, especially learning Indonesian. To the researchers interested in improving the process of learning to read scan in Indonesian language learning through the use of cooperative learning approach Jigsaw II. The aim of the PTK is to describe the improvement of reading skills of students through Jigsaw cooperative learning approach in the fifth grade II State Elementary School 02 Lubuk Alung. This type of research is the PTK (Classroom Action Research). Subjects in this study were students of class V SDN 02 Lubuk Alung. Data were obtained using a field recording, observation and evaluation (test) The results of each cycle research conducted in this study seen an increase in students' ability to read scans of the evaluation cycle I the average percentage of students ie 64%, while the evaluation of the action the second cycle the average percentage of 76%. Observations seen an increase in activity of students in the learning process. It can be concluded in this research approach is to use cooperative learning of Jigsaw II can improve students' ability to read the scan.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN Rummin Rummin
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 1, No 1 (2016): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/3003123000

Abstract

Ability in writing essay is one of the vital aspects in learning Bahasa. The research is aimed to describe the gaining of ability in writing descriptive essay by using concept of mapping along pre, on going, and post of writing. Subject of research is grade IV at SDN 02 Lubuk Alung Padang Pariaman. The research was held in three cycles. Data of the research were obtained through observation sheets distributed to observer and students and assessment of students’ works (including concepts of mapping, blueprint of essay, and wholly essay). Data were analyzed by using qualitative analyzing. The researcher decide the standard of students’ achievement percentage as 80%. After the cycle I, got the students’ achievement percentage as 68,18%. After the cycle II, got an increasing of students' achievement perentage as 77,27%. Standard of students’ achievement percentage was achieved after the cycle III, that was 86,36%. The result of research show that the using of concepts of mapping can improve the students’ ability in writing descriptive essay.
Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran PKn SD Negeri 23 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman Indrawati Indrawati
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 3, No 1 (2018): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/3003124000

Abstract

Penelitian ini berawal dari perlunya dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Model kooperatif tipe STAD menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar PKn di kelas V SD Negeri 23 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan 5 atau 6 orang siswa. Model pembelajaran ini dilakukan melalui tujuh tahap, dimulai dari penyajian materi oleh guru, kegiatan belajar kelompok, pemeriksaan terhadap hasil kerja kelompok, mengerjakan tes secara individu, pemeriksaan hasil tes, dan penghargaan kelompok. Dari hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa di kelas V SD Negeri 23 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Saran yang diberikan dalam penelitian ini agar guru dapat memperhatikan setiap langkah yang dilakukan.

Page 1 of 22 | Total Record : 214