cover
Contact Name
Yola Eka Putri
Contact Email
yola@konselor.org
Phone
-
Journal Mail Official
yola@konselor.org
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
ISSN : 2502079X     EISSN : 25031619     DOI : -
Core Subject : Education,
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) ISSN: 2502-079X (Print), ISSN: 2503-1619 (Electronic) is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education research. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that are of local and international significance across educational contexts 2) Publish manuscripts that are of local and International significance in terms of design and/or findings 3)Encourage collaboration by local and international teams of researchers to create special issues on these topics.
Arjuna Subject : -
Articles 101 Documents
Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Kegiatan Belajar Tanaman Di Taman Kanak-Kanak Aba Air Bangis Marliza, Ranti; Eliza, Delfi
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 4, No 1 (2019): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/3003388000

Abstract

This study aims to determine the improvement of science process skills through plant learning activities. This type of research is classroom action research (CAR). The subject of the study was a kindergarten ABA kindergarten with a total of 15 people. This research was conducted for two months, namely in September and October. This research was conducted 2 cycles. The research data were collected by observation and documentation, the data were then processed using percentage techniques. The results of this study indicate there is an increase in children’s science process skills carried out cycle I precentace 40,0%  and cycle II  percentace 93,3%. so that it can be concluded that children’s science process skills can be increased in learning that is very enjoyable.
Evaluasi Kurikulum Berbasis Entrepreneur di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Surakarta Suci, Puji Hujria
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 5, No 1 (2020): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/3003481000

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluation research) dengan menggunakan model CIPP (context, input, process, product). Penelitian ini dilaksanakan pada SMK N 4 Surakarta. Kurikulum entrepreneur diterapkan pada kompetensi keahlian Tata Busana dan Tata Boga. Populasi pada penelitian ini terdiri dari guru produktif sebanyak 38 responden, siswa kelas entrepreneur sebanyak 132 siswa dan siswa non entrepreneur (Kecantikan dan Perhotelan) sebanyak 108 responden sehingga total responden dari siswa sebanyak 240 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, chek list, dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan validitas isi yaitu expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji perbandingan antara siswa entrepreneur dengan siswa non entrepreneur (Kecantikan dan Perhotelan) dengan mengunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)  Kriteria Context, Input, Process, Product yang di peroleh dari Angket A (Respon guru) dan angket B ( Respon siswa) Berdasarkan nilai Skweness menunjukan hasil yang baik dan perlu dipertahankan, (2) hasil perbandingan siswa entrepreneur dengan siswa non entrepreneur dengan uji Chi-square dari kriteria input, process, product menunjukan perbedaan yang signifikan.
Relasi pengetahuan dan kekuasaan dukun dalam pengobatan tradisional Fitriani, Nur
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 5, No 1 (2020): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/3003475000

Abstract

Pengobatan tradisional merupakan pengobatan yang memanfaatkan bahan tumbuhan rempah-rempah, air, garam dan jimat, yang telah menjadi pengobatan alternatif di dalam masyarakat Dusun Lubuk Tenam. Tujuan dalam penelitian ini adalah melihat bagaimana relasi pengetahuan, relasi kekuasaan, relasi sosial dan kultural dukun, pasien dan masyarakat Dusun Lubuk Tenam dalam pengobatan tradisonal. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian etnografi Teknik pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yang dikemukan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memiliki pengetahuan tentang pengobatan tradisional dukun memiliki kekuasaan dalam pengobatan di bandingkan dengan pengobatan medis. dan tidak adanya persaingan antara dukun dan bidan desa maupun antar sesama dukun. Kekuasaan yang didapatkan dukun dikarenakan oleh kepercayaan dan pengetahuan yang dimiliki oleh setiap dukun. Kekuasaan dan pengetahuan merupakan dua sisi yang saling berkaitan, dengan pengetahuan orang akan berkuasa, pengetahuan membentuk kekuasaan. Dukun memiliki pengetahuan tentang pengobatan dan masyarakat membutuhkan pengobtan dari dukun maka antara dukun dan pasien saling keterkaitan satu sama lain. Pengetahuan yang dimiliki dukun membuat ia berkuasa disegi pengobatan sehingga ia memiliki peran dan kedudukan dalam masyarakat. Namun kehidupan atau kegiatan dukun tidak hanyak melakukan pengobatan saja akan tetapi dukun ini juga memiliki kegiatan lain seperi ke lading, berkebun dan lainya. Kemajuan teknologi tidak mempengaruhi masyarakat Dusun Lubuk Tenam untuk berobat. Sehingga pengobatan tradisional masih tetap di lestarikan dan di budayakan.kan dari generasi ke generasi.
Strategi Komunikasi Lingkungan dalam Membangun Kepedulian Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Cerya, Efni; Evanita, Susi
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 6, No 2 (2021): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/3003977000

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang semakin pesat mendorong volume sampah meningkat akibat bertambahnya konsumsi masyarakat. Pengelolaan sampah rumah tangga oleh masyarakat masih tergolong rendah. Fenomena ini juga terlihat di Komplek Lubuk Gading Permai III Lubuk Buaya Kota Padang. Hasil observasi awal dan wawancara menunjukkan bahwa masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempat pembuangan sampah resmi dan rendahnya peran masyarakat dalam mendukung program pemerintah terkait pengelolaan sampah rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat di Komplek Lubuk Gading Permai III dalam mengelola sampah rumah tangga. Komunikasi lingkungan dilakukan dengan menggunakan komunikasi massa berupa spanduk dan komunikasi personal berupa penyuluhan secara door to door dan membagikan brosur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan perilaku komunikasi personal lebih berpengaruh dibandingkan dengan komunikasi massa. Untuk meningkatkan knowledge dapat digunakan komunikasi massa, namun perubahan perilaku lebih berpengaruh apabila digunakan komunikasi personal. Selain itu, masyarakat juga mulai menyadari pentingnya menjaga kebersihan dan mengelola sampah rumah tangga, seperti memisahkan sampah berdasarkan jenisnya dan membuang sampah pada tempat pembuangan resmi.
Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Meja Putar Di Taman Kanak–Kanak Nirawati, Titin; Yetti, Rivda
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 4, No 1 (2019): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/3003387000

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan meja putar di Taman Kanak-kanak Pelita Bunda Batang Lapu Pasaman Barat.Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan cara bersiklus yaitu dua siklus, pada masing-masing siklus tiga kali pertemuan. Hasil penelitian peningkatan kemampuan berhitung anak menunjukkan pada kondisi awal kemampuan anak belum berkembang dan dilanjutkan perbaikan pada siklus I melalui kegiatan permainan meja putar dengan menggunakan berbagai media. Pada siklus II mencapai hasil yang optimal dengan hasil Berkembang Sangat Baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa permainan meja putar dengan berbagai media dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak di Taman Kanak-kanak Pelita Bunda Batang Lapu Pasaman Barat.
Penerapan Media Film Dokumenter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Indonesia pada Siswa Karino, Karino
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 5, No 1 (2020): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/3003489000

Abstract

konsep faktual dan nilai-nilai kejuangan dan tuntunan moral bangsa dengan memanfaatkan media film dokumenter pada Siswa. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data hasil pekerjaan siswa dalam kegiatan mengerjakan tes tertulis pilihan ganda. Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu teknik tes dan teknik nontes. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan media film dokumenter untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Indonesia materi pokok Indonesia Merdeka  dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa
Lembaga pendidikan: kebijakan dan pengambilan keputusan Hayati, Fitri; Zulvira, Riri; Gistituati, Nurhizrah
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 6, No 1 (2021): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/3003911000

Abstract

Pemimpin lembaga pendidikan tidak terlepas dari kebijakan dan pengambilan keputusan. Kebijakan dan pengambilan keputusan merupakan hal yang salin berkaitan satu dengan yang lainnya. Namun banyak dari pemimpin kurang memahami makna dari kebijakan dan pengambilan keputusan sehingga berdampak terhadap kualitas kebijakan dan pengambilan keputusan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan informasi mengenai kebijakan dan pengambilan keputusan, jenis-jenis pengambilan keputusan, tahap-tahap pengambilan keputusan serta gaya dan model pengambilan keputusan. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan dengan menganalisis sebanyak 21 artikel nasional yang berkaitan dengan kebijakan dan pengambilan keputusan yang terdapat pada database google scholar. Hasil dari penulisan artikel ini adalah adanya perbedaan antara kebijakan dan pengambilan keputusan. Kebijakan bersifat teoritis sedangkan pengambilan keputusan bersifat praktis. Jenis pengambilan keputusan terdiri dari keputusan individual dan keputusan kelompok.  Dalam pengambilan keputusan terdiri dari tahapan penyelidikan, perancangan dan pemilihan. Ada tiga tipe kepemimpinan yaitu tipe normatif, personal dan transaksional.
Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder pada Remaja Adlya, Soeci Izzati; Zola, Nilma
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 4, No 2 (2019): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/3003269000

Abstract

Kajian literatur ini bertujuan untuk mendeksripsikan tentang Body Dysmorphic Disorder (BDD) serta metode penanganannya. Setiap manusia tentu menginginkan tubuh yang sempurna, terkadang keinginan untuk mencapai kesempurnaan itu apabila telah berlebihan akan menyebabkan gangguan dismorfik tubuh atau Body Dysmorphic Disorder (BDD). Body Dysmorphic Disorder cenderung berkembang terutama pada usia remaja, apalagi seiring dengan perkembangan teknologi saat ini yang menyebabkan individu-individu saling membandingkan diri di sosial media. Body Dysmorphic Disorder adalah gangguan pikiran yang merasa adanya kecacatan dalam penampilan fisik dan menyebabkan distress dan penurunan fungsi sosial. Istilah Body Dysmorphic Disorder awalnya dikategorikan sebagai dysmorphophobia untuk menyebut perilaku tertentu yang menganggap suatu bagian tubuh tertentu pada dirinya merupakan hal yang buruk, sehingga terkadang tampak pada perilaku individu yang mengunggah foto dengan mengedit salah satu atau beberapa anggota tubuhnya. Body Dysmorphic Disorder dapat timbul karena adanya banyak faktor pendukung bukan terbentuk dari kerusakan tunggal, melainkan dari kontribusi berbagai faktor seperti biologis, psikologis, dan sosiokultural. Penderita gangguan ini dapat diberikan bantuan melalui Cognitive Behavioral Therapy.
Perkembangan Kabupaten Solok setelah otonomi daerah tahun 1998-2019 Zamrah, Sawatul Azam; Ernawati, Ernawati
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 4, No 2 (2019): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/3003471000

Abstract

This study aims to describe the economic changes and social and cultural development in Solok Regency after regional autonomy. The approach used in this study is a qualitative approach. Data collection is done by interview, observation, and documentation. Data analysis techniques used in this study are as proposed by Milles and A. Huberman which consists of several stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. There are economic changes and development in Solok Regency from the aspects of agriculture, housing and electricity. While changes that occur in social and cultural aspects are seen from the activities of handling people with social welfare problems and activities that support cultural preservation such as arts and cultural festivals.
Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Kantong Ajaib Di Taman Kanak-Kanak Sadar Bhakti Kecamatan Talamau Handayani, Anggi; Nurhafizah, Nurhafizah
JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol 4, No 1 (2019): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Publisher : IICET (Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29210/3003386000

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan kantong ajaib di Taman Kanak-kanak Sadar Bhakti Kecamatan Talamau. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan cara bersiklus yaitu dua siklus masing-masing siklus tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal huruf pada anak belum berkembang dan dilanjutkan perbaikan pada siklus I melalui kegiatan permainan kantong ajaib dengan menggunakan berbagai media.Pada siklus II mencapai hasil yang optimal dengan hasil Berkembang Sangat Baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa permainan kantong ajaib dengan berbagai media dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf di Taman Kanak-kanak Sadar Bhakti Kecamatan Talamau.

Page 1 of 11 | Total Record : 101