Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Big Book Di Sekolah Dasar

Ani Rosidah (Universitas Majalengka)
Dini Pebrianti (Universitas Majalengka)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media big book di SD Negeri Cimanggu III Kabupaten Majalengka. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Cimanggu III sebanyak 17 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes kemampuan membaca permulaan, instrumen penelitian yang digunakan secara kualitatif yaitu lembar observasi dan kuantitatif yaitu soal tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwa nilai tes rata-rata pada pratindakan 57,7 pada siklus I menjadi 74,9 pada siklus II meningkat menjadi 82,7. Hasil persentase KKM pada pratindakan dari 47% pada siklus I menjadi 76,5%, pada siklus II meningkat menjadi 88,2%. Hasil observasi juga mengalami peningkatan baik aktivitas guru maupun siswa, aktivitas guru dan siswa pada siklus I 78,1% dan 75%, meningkat pada siklus II menjadi 95,8% dan 89,2%. Hasil analisis data tersebut bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa setelah digunakannya media big book.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...