Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Ekonomi Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Meirani Meirani (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Ayudho Selviani (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Mardiana Mardiana (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui keaktifan berorganisasi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi di Universitas muhammadiyah Bengkulu. Kedua, mengetahui prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi di Universitas muhammadiyah Bengkulu. Ketiga, mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jenis penelitian ini kuantitatif. Populasi anggota himpunan mahasiswa pendidikan ekonomi (HIMAPE) angkatan 2019-2020. Sampel yang digunakan proportional stratifed random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini: pertama, Keaktifan berorganisasi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi, diketahui 8 responden menjawab sanggat tinggi dengan kriteria 35-40 jika di persentasekan menjadi 0,27%, 18 responden menjawab tinggi dengan kriteria 27-34 jika dipersentasekan menjadi 0,60%, 4 responden menjawab rendah dengan kriteria 19-26 jika dipersentasekan menjadi 0,13%, dan 0 responden menjawab sangat rendah dengan kriteria 11-18 jika dipersentasekan menjadi 0,0%. Kedua, Prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi, diketahui 8 responden menjawab sanggat tinggi dengan kriteria 35-40 jika di persentasekan menjadi 0,27%, 16 responden menjawab tinggi dengan kriteria 27-34 jika dipersentasekan menjadi 0,53%, 6 responden menjawab rendah dengan kriteria 19-26 jika dipersentasekan menjadi 0,20%, dan 0 responden menjawab sangat rendah dengan kriteria 11-18 jika dipersentasekan menjadi 0,0. Ketiga, Ada pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa yaitu terdapat pengaruh dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Karena nilai t hitung > t tabel atau nilai p<0,05 dan besar tingkat pengaruhnya adalah 41,6%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...