Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai

Pela Yunika (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Farizal Imansyah (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Henni Riyanti (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh yaitu, sebanyak 21 siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan 19 siswa kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif menggunakan uji T. Berdasarkan hasil perhitungan uji T diperoleh nilai thitung ? ttabel yaitu 4,080 ? 1,686 dan nilai signifikan sebesar 0,000 (< 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha di terima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pop-up book terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai. Kata Kunci : Media Pop-Up Book, Keterampilan Berbicara, Media Pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...