Kecerdasan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan dan penentu kesuksesan seseorang, selebihnya dipengaruhi oleh kemampuan intelektual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kecerdasan emosional, kinerja karyawan, dan pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan frontliner PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Polewali pada era pandemi covid-19. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan kuesioner penelitian, sampel 55 responden menggunakan teknik sampel jenuh. Hasil analisis deskriptif penelitian menunjukan kecerdasan emosional karyawan frontliner pada penelitian ini dikategorikan cukup yaitu sebanyak 33 responden atau sekitar 60%, nilai rata-rata 4,38 dan standar deviasi 0,37. Sedangkan kinerja karyawan frontliner penelitian ini juga dikategorikan cukup yaitu 32 responden (58,18%), nilai rata-rata 4,39, standar deviasi 0,38. Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan frontliner PT. Bank Rakyat Indonesia pada masa pandemi covid-19, nilai thitung 8,569 > ttabel 1,674 dengan taraf signifikansi 0,000 lebih kecil 0,050 (5%). Besarnya pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan sebesar 58,10%, sisanya 41,90% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Copyrights © 2022