Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4, No 3 (2022): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa

Nuresty Wahyu Dhamayanti (Universitas PGRI Semarang)
Rasiman Rasiman (Universitas PGRI Semarang)
Dhian Endahwuri (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi lingkaran ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas VIII A SMP PGRI 01 Semarang tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, tes, wawancara dan dilengkapi dengan dokumentasi sehingga semua kegiatan dapat terekam dengan baik. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi tiga dari enam indikator berpikir kritis yaitu Reason, Situation, dan Overview, (2) Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi empat dari enam indikator berpikir kritis yaitu Focus, Reason, Situation, dan Overview, dan (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, and Overview).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...