Jurnal Agrium
Vol 19, No 2 (2022)

Kajian Sumber Bibit Dan Komposisi Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Porang (Amorphophallus onchophyllus Prain)

Siti Nur Izza (Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, UPN “Veteran” Jawa Timur)
Ramdan Hidayat (Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, UPN “Veteran” Jawa Timur)
Pangesti Nugrahani (Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian, UPN “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendapatkan sumber bibit terbaik komposisi media tanam (tanah: kompos: pupuk kandang kambing) pada budidaya tanaman porang. Penelitian ini merupakan penelitian faktorial dengan 2 (dua) faktor yang disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK), dimana faktor pertama adalah macam sumber bibit (B) yang terdiri dari 3 macam sumber bibit yaitu: B1= Biji, B2= Bulbil, dan B3= Umbi. Faktor kedua adalah komposisi media tanam (T) tanah, kompos, dan pupuk kandang kambing terdiri dari 5 taraf yaitu: T1=1:1:1, T2=1:2:1, T3=1:1:2, T4=1:2:3, dan T5=1:3:2. Pengamatan yang diamati meliputi: tinggi tanaman, diameter batang, diameter tajuk, jumlah tunas, masa tumbuh aktif per tunas dan masa tumbuh aktif tanaman, jumlah bulbil per tanaman, bobot bulbil per tanaman, diameter bulbil, bobot umbi, diameter umbi, serta penambahan bobot umbi tanam dan panen. Hasil penelitian memperlihatkan terdapat interaksi nyata antara sumber bibit dan komposisi media tanam terhadap tinggi tanaman umur 7 dan 9 MST, dimana kombinasi perlakuan sumber bibit asal umbi dan komposisi media tanam (tanah: kompos: kotoran kambing 1:1:2 (B3T2) dan 1:2:1 (B3T3) menghasilkan tinggi tanaman porang terbaik. Perlakuan sumber bibit berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan kecuali pada diameter bulbil. Sumber bibit Bulbil (B2) menghasilkan bobot umbi dan penambahan bobot umbi terbaik dan berbeda nyata dengan sumber bibit asal biji, namun tidak berbeda nyata dengan sumber bibit asal umbi. Komposisi media tanam tidak berpengaruh nyata pada semua parameter pengamatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

agrium

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Agrium (Journal of Agricultural Research) ISSN 1829-9288 (Print) ISSN 2655-1837 (Online ) is a scientific publication media in are of agriculture that is published regularly every year, March and September. The manuscript comes from the results of basic and applied research, and the results ...