JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 7, No 2 (2021)

Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Meta Analisis

Intan Azmi (UIN Mataram)
Malik Ibrahim (UIN Mataram)
Alkusaeri Alkusaeri (UIN Mataram)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam matematika, kemampuan pemahaman konsep matematis sangat diperlukan, oleh karena itu para ahli banyak merumuskan strategi atau model pembelajaran, salah satu model pembelajaran yang sering digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah model Auditory intellectually Repetition (AIR). Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian meta-analisis ini adalah menganalisis kembali hasil-hasil penelitian atau publikasi ilmiah tersebut yang berkaitan dengan model Auditory intellectually Repetition (AIR) terhadap pemahaman konsep matematis. Penelitian ini merupakan penelitian meta analisis, data penelitian dikumpulkan dari database pengindeks seperti Google Scholar, PubMed, Core, OneSearch, dan SINTA. Data yang difilter adalah hasil penelitian yang memuat nilai uji fisher (F), uji student (t), uji korelasi (r), dan jumlah peserta didik (N), kemudian dianalisis menggunakan meta-analisis melalui nilai effect size dan standart error untuk melihat summary effect size. Dikatahui nilai rata-rata effect size (ES) 0,7185995 dan standart error (SE) 0,1354281. Hasil analisis data menggunakan software JASP menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Auditory Intellectually Repetition dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik sebesar 71% yang termasuk kategori kuat. Nilai ini menunjukan bahwa model Auditory Intellectually Repetition (AIR) memberikan pengaruh sebesar 71% terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dan 29% nya dipengaruhi oleh factor internal maupun eksternal lainnya yang dihadapi selama proses pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...