Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan
Vol 11, No 1 (2022): Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan

Pelaksanaan Metode One Day One Ayat Dalam Pembelajaran Quran Pada Anak Usia Dini

Iin Maulina (Univeristas Muhammadiyah Pontianak)
Rini Elvri (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK)
Elin B. Somantri (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2022

Abstract

Pengenalan Quran harus dimulai sejak dini. Pembelajaran Quran bukan hanya untuk mengenalkan Quran, akan tetapi, juga untuk menguatkan ingatan anak-anak melalui hapalan Quran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Perencanaan pelaksanaan metode one day one ayat, proses pelaksanaan metode one day one ayat, hambatan-hambatan metode one day one ayat, dan penilaian metode one day one ayat. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan metode dan analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah anak-anak kelas B1 TK An Naajiyah Kubu Raya. Pemeriksaan keabsahan data dengan uji credibility menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, proses pelaksanaan, dan penilaian pelaksanaan metode one day one ayat berlangsung dengan lancar walaupun terdapat sedikit hambatan, akan tetapi masih dapat diatasi karena tidak terlalu signifikan pada pelaksanaan metode one day one ayat dalam pembelajaran Quran pada anak usia dini. Oleh karena itu, pelaksanaan metode one day one ayat dalam menghapal surat Al Zalzalah di kelas B1 dinyatakan “baik”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pena Kreatif merupakan jurnal pendidikan yang akan menerbitkan hasil penelitian dosen maupun guru. Jurnal pene Kreatif akan diterbitkan dua jenis terbitan: (1) Media Cetak, (2) Elekronik/online Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan menerbitkan artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di ...