Pengenalan Quran harus dimulai sejak dini. Pembelajaran Quran bukan hanya untuk mengenalkan Quran, akan tetapi, juga untuk menguatkan ingatan anak-anak melalui hapalan Quran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Perencanaan pelaksanaan metode one day one ayat, proses pelaksanaan metode one day one ayat, hambatan-hambatan metode one day one ayat, dan penilaian metode one day one ayat. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan metode dan analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah anak-anak kelas B1 TK An Naajiyah Kubu Raya. Pemeriksaan keabsahan data dengan uji credibility menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, proses pelaksanaan, dan penilaian pelaksanaan metode one day one ayat berlangsung dengan lancar walaupun terdapat sedikit hambatan, akan tetapi masih dapat diatasi karena tidak terlalu signifikan pada pelaksanaan metode one day one ayat dalam pembelajaran Quran pada anak usia dini. Oleh karena itu, pelaksanaan metode one day one ayat dalam menghapal surat Al Zalzalah di kelas B1 dinyatakan “baik”.
Copyrights © 2022