Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2022): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas VIII-A MTs Negeri 2 Makassar

Abdul Hadi (STKIP YPUP Makassar)
Rizky Ramadhana (STKIP YPUP Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas VIIIA MTs Negeri 2 Makassar. Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat membantu dengan pola berpikir melalui tahapan-tahapan yang dapat membantu menemukan solusi dalam menyelesaikan hal-hal yang berhubungan dengan soal matematika dan permasalahan yang ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain penelitian Pre Experimental (One-Group Pretest-Posstest Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 5 kelas yang homogen dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs Negeri 2 Makassar yang dipilih secara random. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pemberian tes hasil belajar yang terdiri dari 5 soal essay untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif yang diperoleh: 1) Rata-rata pretest sebesar 62,50 berkategori rendah dengan standar deviasi 27,50. 2) Rata-rata postest sebesar 90,83 berkategori tinggi dengan standar deviasi 3,764. 3) Aktivitas siswa selama proses belajar berlangsung sebesar 83,33% berada pada kategori baik; 4) Aktivitas guru selama mengajar sebesar 88,46 berada pada kategori sangat baik; 5) Respons siswa selama proses belajar sebesar 85% berada pada kategori sangat positif; 6) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pretest ke posttest dengan nilai gain sebesar 0,70 berada pada kategori tinggi. Dengan menggunakan uji-t dan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung 13,53 dan ttabel 2,01505; thitung > ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...