Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2022): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Diferensial Materi Turunan

Hajerina Hajerina (Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Alkhairaat)
Indah Suciati (Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Alkhairaat)
Wahyuni H. Mailili (Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Alkhairaat)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2022

Abstract

Penelitian deskriptif eksploratif dengan metode campuran digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesalahan mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus Diferensial dalam menyelesaikan soal turunan. Populasi penelitian ialah mahasiswa pendidikan matematika Universitas Alkhairaat semester I Tahun Akademik 2021/2022 sebanyak 25 orang, sehingga penelitian merupakan penelitian populasi. Subjek penelitian sebanyak 8 mahasiswa dipilih berdasarkan hasil tes diagnostik untuk diwawancarai terkait kesalahan pada soal turunan. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes diagnostik, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan dua cara, yaitu analisis kualitatif dengan menggunakan model interaktif Miles & Huberman dan analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil temuan memperlihatkan bahwa kesalahan konsep dilakukan sebesar 47 %, kesalahan prinsip 32%, dan kesalahan prosedur 21%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...