Jurnal IKA PGSD : Ikatan Alumni PGSD UNARS
Vol 11 No 1 (2022): Edisi Juni

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PICTURE AND PICTURE

Lili Yanti (STKIP SINGKAWANG)
Erdi Guna Utama (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis, hal ini dikarenakan rendahnya minat siswa dalam keterampilan menulis. Penelitian ini difokuskan pada materi menulis teks berita melalui model cooperative picture and picture. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari kegiatan pembelajaran menulis teks berita melalui model cooperative picture and picture. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil menulis teks berita melalui model cooperative picture and picture. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Prosedur peleksanaan penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Rancangan penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Perencanaan pada siklus 1 sudah baik dengan persentase sebesar 80% sedangkan pada perencanaan siklus 2 dengan persentase 90,58%. Pelaksanaan pada siklus 1 pertemuan pertama dengan persentase 63,2%, sedangkan pelaksanaan siklus 1 pertemuan kedua dengan persentase 82,4%. Peleksanaan siklus 2 pertemuan pertama dengan persentase 88%, sedangkan pelaksanaan siklus 2 pertemuan kedua dengan persentase 93,6%. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siklus 1 dengan nilai rata-rata mencapai 79,34 dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 60,86%, sedangkan nilai rata-rata pada siklus 2 meningkat menjadi 85,86 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 86,95%. Berdasarkan penelitian ini diperoleh, bahwa keterampilan menulis dalam menulis teks berita melalui model Cooperative Picture And Picture sudah baik, disarankan kepada guru khususnya kepada guru bahasa Indonesia agar menggunakan model cooperative picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis khususnya pada materi menulis teks berita.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsdunars

Publisher

Subject

Education Other

Description

IKA PGSD adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Pertama kali dibentuk pada tahun 2012, dan saat ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal IKA PGSD berisikan hasil penelitian dan kajian ...