Tujuan penelitian ini adalah mengetahui data strategi pembelajaran kontekstual, mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Tiji, dan mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Padang Tiji. Pendekatan yang digunakan pendekatan kuantitatif berjenis eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas dari seluruh kelas XI yang ada di SMA Negeri 1 Padang Tiji, dengan jumlah sampel 48 siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data dalam penelitian ini diperoleh nilai t= 19,293. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks eksplanasi antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kontekstual dan siswa tanpa menggunakan strategi pembelajaran kontekstual. Kelompok eksperimen memiliki peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi yang signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan uji-t yaitu th sebesar 6,961 pada taraf signifikansi 5%, selanjutnya nilai P sebesar 0,000 (0.0000,05 – signifikan).Kata kunci: Strategi pembelajaran kontekstual (CTL), kemampuan menulis, teks eksplanasi
Copyrights © 2022