Jurnal Serunai Matematika
Vol 14, No 1 (2022): JURNAL SERUNAI MATEMATIKA (JSM) MARET 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS IX SMP BUDI UTOMO BINJAI

R.Maisaroh Rezyekiyah Siregar (STKIP BUDI DAYA BINJAI)
Lilis Saputri (Unknown)
Dewi Rulia Sitepu (Unknown)
Fani Indriani Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran take and give terhadap kemampuan komunikasi matematik SMP Budi Utomo Binjai. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan susunan penelitian pretest posttest group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik simple random sampling. Dari teknik tersebut antara kelas (IX-A, IX-B, IX-C, IX-D) hanya satu kelas yang diambil sebagai kelas eksperimen, yaitu kelas IX-A. uji prasyarat yang digunakan adalah uji kolmogorov-smirnov untuk menguji normalitas data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi. Berdasarkan hasil perhitungan dipereoleh  kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan  36 dengan taraf signifikan 5% karena  maka  ditolak dan diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran take and give terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jf

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Serunai Matematika adalah jurnal yang berisi karya ilmiah yang berhubungan dengan pendidikan ...