Judika (Jurnal Nusantara Medika)
Vol 6 No 1 (2022): Vol 6 No 1 April 2022

PRIMARY SURVEY PASIEN CEDERA KEPALA OLEH PERAWAT

Putri Kristyaningsih (Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri)
Ika Rahmawati (Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Cedera kepala sebagian besar ditemukan di masyarakat dengan disabilitas tingkat tinggi. Menurut data Riset Kesehatan Dasar angka kejadian cedera kepala di Indonesia setiap tahunnya diperkirakan mencapai 500.000 kasus. Dari jumlah di atas, 10% penderita meninggal sebelum tiba di rumah sakit. Cedera kepala salah satu masalah kesehatan yang dapat menyebabkan gangguan fisik dan mental yang kompleks. Gangguan yang sering ditimbulkan bersifat sementara maupun menetap. Resiko utama pasien yang mengalami cedera kepala adalah kerusakan otak akibat pendarahan atau pembengkakan otak sebagai respon terhadap cedera dan menyebabkan peningkatan tekanan intrakranial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui primary survey pasien cedera kepala yang dilakukan oleh perawat di RS Aura Syifa Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Dengan populasi 30 perawat aktif yang bertugas pada ruang IGD, ICU dan Pulih Sadar di RS Aura Syifa Kediri. Peneliti ini menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa primary survey pada pasien cedera kepala yang dilakukan oleh perawat sebagian besar sesuai dengan SOP yaitu 18 orang (60%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

akper

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

The Judika Journal is a peer review journal published by the Faculty of health sciences in collaboration with a research and community service institute, Universitas PGRI Kediri. The purpose of this Journal is to facilitate scientific publication of research results in Indonesia and participate in ...