Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 2 (2022): April-June

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMAN 2 Klari pada Materi Statistika Menurut Teori Brunner

Anis Khairunnisa Hakim (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Hanifah Nurus Sopiany (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa mengenai materi statiska menurut teori bruner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XII IPA 3 di SMA Negeri 2 Klari dengan jumlah 22 siswa dengan tahap awal pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa soal uraian materi stastistika dan instrumen non tes berupa angket. Selanjutnya tahap kedua yaitu pengambilan 3 subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dimana masing-masing subjek mewakili kategori kemampuan komunikasi tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan hasil tes dan non tes. 3 subjek diambil untuk dikaji lebih dalam terkait kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal menurut proses kognitif bruner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan model interaktif yang diterangkan oleh Miles dan Huberman yaitu peneliti melakukan reduksi data, menyajikan data, kemudian membuat kesimpulan mengacu pada jawaban rumusan masalah penelitian. Hasil penelitian ini adalah kemampuan komunikasi siswa menurut teori bruner masih rendah menuju sedang, pada tahap informasi siswa rata-rata mampu menuliskan informasi yang didapat dari soal artinya siswa mampu mengkomunikasikan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan soal walaupun sebagian siswa melewatkan tahap ini. Pada tahap transformasi, kebanyakan siswa tidak bisa mengkomunikasikan atau menjelaskan secara tulisan strategi penyelesaian soal walaupun informasi yang didapat sudah benar. Pada tahap akhir evaluasi dikarenakan kesalahan strategi penyelesaian maka hasil evaluasinya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...